“Soju” Minuman Beralkohol Yang Terkenal Di Korea

Apakah kalian termasuk pencinta drama Korea? Nah, kalau kalian memang suka nonton drama Korea pasti kalian pernah dengar minuman yang satu ini. Biasanya minuman ini selalu ada dalam setiap drama Korea. Cukup nikmat dan bisa menghangatkan badan tapi juga bisa membuat seseorang menjadi mabuk. Kira-kira seperti apa sih minuman Soju ini?  Kalau kalian penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang soju ini kalian bisa langsung baca aritikel ini sampai habis.

Apa Itu Soju?

Soju adalah minuman distilasi asal Korea. Sebagian besar merek soju ini diproduksi di Korea Selatan. Bahan baku soju terbuat dari bahan-bahan tradisional seperti beras, sebagian besar produsen soju memakai bahan tambahan atau bahan pengganti beras seperti kentang, gandum, jelai, ubi jalar atau tapioka (dangmil). Minuman ini sangat bening, tidak berwarna dengan kadar alkohol yang berbeda-beda, mulai dari 20% hingga 45% alkohol berdasarkan volume (ABV). Kadar alkohol yang paling umum untuk soju adalah 20% ABV.

Jinro adalah seorang produsen soju terbesar di Korea. Pada tahun 2007, Jinro telah menjual lebih dari 72 juta krat soju. Wow emenjing banget ya.

Sejak Kapan Soju Ada?

Soju merupakan arak yang di distilasi ( suatu metode pemisahan bahan kimia). Dulu sekali sekitar tahun 1300 yaitu pada ketika orang Mongol berperang dengan Korea (dulu Korea belum terbagi menjadi Korea Selatan dan Korea Utara) , orang Mongol mengajarkan cara membuat arak kepada orang Korea di kota Kaesong. Kemudian, akhirnya cara ini menyebar ke kota-kota di tempat para tentara Mongol menetap di Korea, seperti Kaesong, Andong dan Jeju. Namun, pada saat itu soju masih diproduksi dengan skala kecil.

Dulunya yah guys,  soju ini bisa dibilang termasuk minuman mahal yang hanya dapat dikonsumsi oleh kalangan tertentu. Namun, ketika cara pembuatannya diketahui oleh masyarakat luas soju menjadi minuman beralkohol yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Di Korea sendiri, pabrik penyulingan soju pertama kali didirikan pada awal tahun 2000 (abad ke-20). Sejak saat itu, produksi soju mulai meningkat dan menyebar di berbagai daerah di Korea.

Berbagai Merk Soju Yang Paling Populer

Seiring berkembangnya zaman. varian soju telah tersedia dalam berbagai merek. Inilah berbagai merek dari soju yang kini sudah cukup terkenal.

JINRO

Soju Jinro dijual dengan merek dagang Chamisul. Soju ini memiliki rasa yang cukup segar. Botol soju ini ditempeli stiker siput dari bahan yang sensitif terhadap suhu yang dapat berubah warna dari putih ke biru ketika terkena suhu dingin.

Alkohol 19%
Harga KRW 1,600
Produksi Seoul
Brand Ambassador IU

CHUM CHURUM

Chum Churum merupakan merek dagang untuk soju yang diproduksi oleh Lotte. Soju ini memiliki rasa murni. Soju ini memiliki kadar alkohol yang lebih rendah dari Chamisul dan lebih digemari oleh wanita.

Alkohol 17.9%
Harga KRW 1,600
Pusat Gangwon-Do
Brand Ambassador Suzy

 GOOD DAY

Soju yang satu ini memiliki kadar alkohol yang lebih rendah dibandingkan dengan Chum Churum sehingga seringkali menjadi pilihan bagi orang yang tidak biasa dengan minuman keras. Soju ini diproses dengan air alkali yang dapat menghilangkan bau dan rasa yang tidak murni.

Alkohol 16.9%
Harga KRW 1,600
Pusat Gyeongsangnam-do
Brand Ambassador Secret

CHARM

Charm Soju memiliki rasa yang lembut dan agak pedas (mild), tapi dengan sedikit rasa citrus dan malt. Soju ini mengandung aspagarine yang disebut dapat membantu untuk mengurangi hangover.

Alkohol 16.9%
Harga KRW 1,600
Pusat Gyeongsabuk-do
Brand Ambassador Kang Sora

 YIPSEJO

Soju yipsejo ini mempunyai rasa yang lebih kering (dry) dibandingkan dengan Chamisul. Seringkali ini disebut sebagai “ghetto alcohol” (murah, tapi khas di daerahnya).

Alkohol 18%
Harga KRW 1,600
Pusat Jeollanam-do
Brand Ambassador Hyeri (Girls Day)

C1 SOJU

Soju ini dibuat dari air bedrock yang memberi rasa alami. Soju ini merupakan produk terlaris di area Busan dan pernah mendapat penghargaan Grand Liquor Award pada Penghargaan Minuman Keras Korea 2015.

Alkohol 18%
Harga KRW 1,600
Pusat Jeju

Seperti Apa Tradisi Dalam Minum Soju?

Minum soju sebenarnya gak sama dengan minum minuman yang berakohol lainnya. Mereka memiliki cara tersendiri ketika meminumnya dan ini sudah menjadi tradisi untuk orang Korea. Soju memiliki etika yang khas untuk meminumnya. Kebiasaan umum di Korea, kalian tidak boleh mengisi gelas sendiri. Orang lainlah yang akan menuangkan soju ke gelas kalian.

Ketika menuangkan soju dari botol ke gelas, posisi tangan kiri kalian juga harus menyentuh tangan kanan atau memegang siku. Posisi ini akan menyimbolkan gestur zaman dulu, yaitu menyingsingkan lengan hanbok agar tak menyentuh makanan atau meja.

Pada saat kalian menerima tuangan Soju dari orang yang lebih tua dari atau memiliki posisi lebih tinggi, Kalian harus memegang gelas minum dengan kedua tangan. Tangan kanan memegang badan gelas kemudian didudukkan di ujung telapak tangan kiri. Aturlah posisi kepalamu agak sedikit menunduk. Ini dimasudkan untuk menunjukkan respon yang lebih sopan.

Beberapa etiket ketika meminum soju

-Minum soju dengan lebih dahulu menghirup aromanya serta meminumnya dengan sekali teguk (one shoot).
-Pegang gelas dengan kedua tangan bila orang yang lebih tua menuangkan soju ke gelas kalian.
-Jangan pernah menuangkan soju untuk diri sendiri kecuali kalau kalian minum sendirian.
-Mengisi ulang gelas hanya ketika gelas tersebut kosong.
-Soju seharusnya dikonsumsi dalam pertemuan antar kelompok.
-Ketika menuangkan soju bagi orang lain, peganglah botol soju dengan tangan kanan sementara tangan kiri menyentuh siku atau lengan bawah tangan kalian.
-Bila menerima soju dari orang lain, kalian harus meletakkan gelas di telapak tangan kiri kemudian memegang ujung gelas dengan jempol dan telunjuk tangan kanan kalian sambil menundukkan kepala sedikit
-Orang yang lebih muda atau paling muda (maknae) tidak diperbolehkan meminum seperti biasa. Kepala harus menghadap ke kiri saat menenggak soju.
-Jika sudah dituangkan minuman ke gelas, maka kalian harus meminumnya. Tidak meminum soju yang sudah dituangkan akan dianggap kasar dan tidak menyukai orang tersebut.
-Jika telah habis meminum, kembalikan gelasnya karena bila tidak mengembalikannya berarti orang tersebut tidak mau berbagi dan hanya ingin menikmatinya sendiri.
-Segeralah menuangkan minum ke gelas teman atau rekan di sebelah kalian jika gelasnya sudah kosong. Tidak menuangkan minuman melambangkan ketidakpedulian.

Seperti Apa Rasa Dari Soju?

Soju memiliki rasa yang bersih, netral yang membuatnya sangat cocok untuk menjadi pendamping yang baik untuk makanan Korea atau camilan Korea. Orang sering mengatakan bahwa rasa ini mengingatkan mereka kepada vodka, tetapi untuk sekarang ini soju paling komersial yang dijual memiliki rasa manis dan tidak sekeras vodka. Ini adalah kabar baik untuk kalian yang menyukai rasa manis dari minuman keras.

Versi Soju Sekarang Ini

Versi soju saat ini sudah berbeda dengan yang dulu. Kebanyakan soju versi sekarang ini dibuat bukan hanya dengan beras, tetapi juga dikombinasikan dengan gandum, jelai, tapioka atau ubi jalar. Kebanyakan orang dari generasi lama lebih menyukai rasa asli dari soju, akan tetapi orang-orang muda sekarang lebih menyukai rasa ringan alkohol yang lebih rendah. Apa yang akan kalian nikmati tergantung pada selera pribadi kalian sendiri dan berapa banyak alkohol yang kalian bisa tangani. Untuk rasa soju yang populer saat ini adalahrasa, apel, jeruk dan peach.

Berbagai Fakta Unik Dari Soju

Siapa sangka kalau ternyata minuman yang satu ini dapat mencuri perhatian banyak orang. Berikut ini adalah fakta unknya.

Info Basic

Kadar alkohol dari Soju ini antara 16% – 53% dan yang paling banyak biasanya sekitar 20%. Harga sebotol Soju hanya antara 1000-3000 Won saja. Murah meriah, makanya ini telah menjadi minuman yang merakyat ~

Etika

Seperti yang tadi telah kita bahas diatas. Saat meminumnya bersama orang lain, jangan menuangkan minuman ke gelasmu sendiri. Jangan lupa juga, tuangkan Soju ke gelas orang lain dengan menggunakan tangan kanan sambil disangga oleh tangan kiri. Nah, saat menerima tuangan dari orang yang lebih tua, pegang gelasmu dengan kedua tangan. Cara meminumnya pun harus dengan menutup mulut dan memalingkan wajah terlebih dulu alias nggak boleh menghadap orang yang lebih tua. Dan juga, gelas kosong merupakan kode bahwa kamu telah siap untuk menerima Soju lagi.

Pabrik Soju

Di Korea, terdapat setidaknya 10 perusahaan besar yang memproduksi Soju dan merk yang paling terkenal adalah Jinro Soju dengan angka penjualan sebanyak 61.38% dibanding dengan merk-merk lainnya.

Varian Dari Soju

Selain Soju dengan rasa original, masyarakat Korea juga sering menikmati Soju dengan rasa lain seperti dicampur dengan bir dan menjadi Somaek (Soju + Maekju), Soju dengan cola (Socol) dan kini sedang populer Soju dengan rasa buah-buahan. Tapi dibanding dengan Soju biasa, katanya sih Soju “rasa-rasa” ini lebih cepat bikin kita jadi mabuk.

Popularitas

Soju menjadi minuman favorit di Korea hingga menjadikan Korea sebagai negara pengonsumsi minuman keras tertinggi di Korea. Dari data yang ditunjukkan pada tahun 2006, setidaknya orang dewasa di atas usia 20 tahun telah mengonsumsi 90 botol Soju dalam setahun.

Andong Soju

Andong Soju adalah Soju tradisional yang memiliki kadar alkohol sekitar 40-45%. Masyarakat Korea biasanya hanya menikmati atau memberikan Soju ini sebagai hadiah saat perayaan hari-hari besar.

Apa Yang Terjadi Jika Minum Soju Terlalu Banyak?

Yang namanya minuman mengandung pasti memiliki efek samping jika terlalu banyak meminumnya dan inilah yang akan terjadi pada tubuh jika terlalu banyak minum soju.

1. Mabuk, Setelah mengkonsumsi minuman berakohol pasti ujung-ujungnya akan mabuk, tetapi SOJU dapat lebih cepat membuat orang yang sudah biasa minum dengan mudah menjadi mabuk hanya dengan satu botol saja.

2. Suka ketawa sendiri,SOJU dapat membuat otak tidak bekerja secara normal sehingga sarafnya akan menjadi sedikit terganggu dan akhirnya bisa menyebabkan pikiran menjadi tidak teratur dan membuat bagi orang yang meminumnya menjadi tertawa sendiri.

3. Kaki menjadi lemas, Ketika orang yang telah minum SOJU, cara berjalannya juga akan berbeda dengan orang yang biasanya karena kakinya akan menjadi lemas sehingga tidak akan bisa berjalan lurus.

4. Tidak nafsu makan, Entah mengapa orang yang sehabis minum SOJU pasti akan menjadi tidak nafsu makan walaupun di depannya sudah tersedia makanan yang enak.

5. Tidak mengakui dirinya sedang mabuk, Meskipun teman – teman disekitarnya bilang dia dalam keadaam mabuk, tetapi dia tetep akan bersikeras bahwa ia merasa dirinya normal – normal saja. Yah namanya orang mabuk pasti dia gak sadar dengan apa yang dilakukannya.

6. Menyusahkan teman, Orang yang mabuk entah habis minum SOJU atau minuman berakohol lainnya pasti akan menyusahkan temannya, mending kalau hanya bikin malu bisa dilupakan karena memang lagi mabuk, tapi  gimana jadinya kalau mereka sampai tidur di tengah jalan, siapa yang mau gendong coba.

7. Pinggang akan terasa sakit, Nyeri di pinggang akan segera dirasakan oleh pengkonsumsi SOJU, tidak perlu diobati dengan balsam atau apapun karena ini hanya efek samping dari minum soju, cukup tidur dan pinggang akan kembali seperti normal di pagi hari.

8. Susah tidur, Dengan kondisi mabuk berat seharusnya bisa dengan mudah untuk tidur, tetapi efek berat yang ditimbulkan oleh SOJU membuat seseorang yang meminum soju akan merasa  kesulitan untuk mencapai fase klimaks tidur, mungkin karena pinggangnya sakit dan kepala pusing kali ya.

9. Tidak bisa melihat dengan jelas, Jangankan untuk melihat jauh, ada cewek cakep yang lewat saja, orang yang mabuk karena soju tidak bisa menyadarinya. Duh sayangnya.

Nah, itulah dia penjelasan tentang soju minuman keras yang sangat terkenal di Korea. Hayo ada yang pengen nyoba gak?